Cara Menjual NFT di OpenSea Bagian 2

Apa itu NFT?

Bicara masalah NFT akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan yang makin sering diperbincangkan. Hingga banyak sekali orang yang bertanya-tanya apa itu NFT yang mana sampai begitu fantastis harganya. Bagi orang yang keingintahuannya tinggi pasti akan langsung mencari tahu di Google. Taapi ada juga yang masih bertanya-di media sosial akan apa itu NFT.

Jadi NFT adalah singkatan dari Non Fungibe Token atau bahasa sederhananya adalah unit data unik yang tidak dapat dipertukarkan, dan di simpan di blokchain. Terus blockchain itu apa?  Simpelnya lagi itu adalah semacam buku besar digital yang menyimpan bayak file digital. Sabar dulu yah nanti kedepannya kita akan bahas bersama lagi.

NFT viral

Untuk sekarang ini mungkin kita sering sekali mendengar kisah-kisah unik yang berkaitan dengan NFT ini. Seperti yang baru-baru ini viral, “hanya” bermodalkan foto selfie Ghozali Everyday yang di jual di OpenSea kabarnya angka transaksinya sudah tembus 13 milyar lebih.

Mungkin banyak yang keheranan kok foto selfie doang bisa laku keras dan laku semahal itu. Tentunya bukan melulu dari foto selfie saja yang membuat foto tersebut memiliki value yang begitu tinggi, tapi kita juga harus melihat hal yang menyeluruh yang mempengaruhi foto-foto tersebut. Salah satunya adalah karena itu adalah foto konsisten yang berlangsung selama 5 tahun. Jadi tak melulu asal foto selfie yah.

Apa itu OpenSea?

Kaliantau Shopee? Tokopedia? Bukalapak? Nah jadi OpenSea itu mirip seperti nama-nama tersebut yang mana merupakan sebuah marketplace. Hanya bedanya nama-nama tersebut menjual barang sementara OpenSea menjual NFT. Nah kalau dalm dunia NFT, OpenSea itu adalah marketplace NFT terbesar di dunia.

Kalau kita punya karya NFT memang sangat direkomendasikan untuk dijual di marketplace ini. Oke, kita simak bersama sama yah cara menjualnya di OpenSea.

Cara menjual NFT di OpenSea

Langunsung saja yah,

1. Buat akun OpenSea

2. Masuk ke laman OpenSea

3. Login ke akun kita

4. Klik di bagiab kanan atas foto profil kita

5. Pilih “profile”

6. Pilih NFT yang mau kita jual dari wallet kita

7. Pilih “sell” nanti akan terarahkan ke halaman penjualan

8. Pilih harga dan jenis. Kita bisa menentukan apakah mau harga teteap ataupun harga lelang. (jika memilih harga lelang kita perlu memasuka harga awal, kemudian

9. menentukan waktu kadaluarsanya dan ambang harganya. Untuk durasi penjualannya bisa berjalan selama sehari, tiga hari atau sampai seminggu.

10. Klik “complete listing” ketika pengaturan penjualan telah selesai

11. Jika ini adalah pendaftaran untuk penjualan pertama, kita perlu memverifikasi wallet kita. Caranya dengan menyesuaikan dua buah transaksi. Yaitu untuk memberikan akses ke item OpenSea saat penjualan berlangsung dan untuk menginisiasi akun kita untuk penjualan.

12. Kalau fee sudah dibayarkan, konfiramasikan rincian penjualannya. Selanjutnya post NFT yang sudah kita siapkan untuk dijual di OpenSea

Nah jadi itu yah bebrapa cara untuk menjual karya NFT kita di OpenSea. Nah setelah itu kita bisa pakai kolom “activity” di sebelah kiri untuk melihat aset digital kita yang sedang dijial.

Apa yang harus dilakukan sebelum menjual NFT

Sekilas terlihat penjualan NFT begitu fantastis, tapi pada kenyataanya itu semuanya tak semudah membalikan telapak meja. Ada banyak ilmu yang harus kita pelajari. Karena tanpa ilmu keberuntungan itu hanya 1: 1 milyar.

Sebelum kita membuat karya NFT untuk kita jual, kita harus mencari tahu dulu apa NFT yang seperti apa yang laku di pasaran, yang memiliki stabilitas , yang berpotensi harganya selalu naik. Selain itu juga jangn lupa untuk mempelajari NFT seperti apa yang gagal, tak laku, atau harganya jatuh bebas.

 

 

About M4m3ck

Check Also

5 NFT Termahal di Dunia Bagian 2

NFT sedang viral Saat ini sedang ramai di dunia dan menjadi perbincangan publik di manapun. …

Tinggalkan Balasan