`

5 Cara Mengatasi Bug “Aplikasi Berhenti Sendiri” Pada Xiaomi Paling Ampuh

5 Cara Mengatasi Bug “Aplikasi Berhenti Sendiri” Pada Xiaomi Paling Ampuh

Xiaomi adalah salah satu merk smartphone yang diminati oleh banyak orang di Indonesia dan mungkin kamu salah satu pengguna Xiaomi atau Mi Fans.

Selain karena harganya yang terjangkau, HP Xiaomi memiliki spek yang cukup tinggi dibandingkan dengan smartphone-smartphone lain dengan harga yang sama.

Nah, bagi kamu pengguna HP Xiaomi mungkin pernah mengalami bug sistem dimana membuat aplikasi yang sedang kamu buka tiba-tiba berhenti sendiri dan kemudian mendapatkan notifikasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Menghentikan Kesalahan di Perangkat Anda”.

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu aktivitas kamu pada saat sedang menggunakan atau memainkan HP karena tiba-tiba aplikasi yang sedang kamu gunakan berhenti dan menutup dengan sendirinya.

Nah, bagi kamu yang mengalami hal tersebut tidak usah khawatir dan bingung lagi karena pada kesempatan kali ini kami calegpedia.id akan membagikan ulasan mengenai cara mengatasi bug aplikasi berhenti sendiri pada HP Xiaomi.

Baca juga : Cara menghapus iklan di semua xiaomi

Cara Mengatasi Bug Xiaomi

cara-mengatasi-bug-xiaomi

Ada beberapa cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bug aplikasi berhenti sendiri pada HP Xiaomi kamu tanpa perlu ke konter untuk memperbaikinya.

Jadi tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja simak ulasan cara mengatasi bug pada HP Xiaomi di bawah ini :

1. Restart Perangkat HP

Nah, cara yang pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bug aplikasi  berhenti dengan sendirinya adalah dengan merestart atau menghidupkan ulang perangkat HP kamu.

Cara ini adalah cara yang paling simpel, mudah, dan tentunya cukup efektif untuk memperbaiki masalah bug tersebut.

Jadi karena itulah kamu dapat mencoba cara termudah ini terlebih dahulu sebelum mencoba memperbaikinya dengan cara-cara yang lainnya.

2. Kosongkan Cache Aplikasi

Cache adalah sebuah data sementara dari aplikasi-aplikasi yang kamu pasang pada perangkat HP kamu. Fungsi dari cache adalah untuk mempercepat pengalaman pengguna dalam membuka atau menggunakan aplikasi.

Meskipun demikian, terkadang cache dari beberapa aplikasi dapat menyebabkan terjadinya crash pada saat kamu membuka aplikasi tersebut yang ditandai dengan terjadinya bug ataupun error.

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan cache aplikasi yang terdapat di dalam HP Xiaomi kamu.

Berikut ini adalah cara menghapus cache pada HP Xiaomi dengan mudah :

  • Buka Pengaturan dan kemdian pilih Kelola Aplikasi atau Aplikasi yang diinstal.
  • Setelah itu cari aplikasi yang error pada saat kamu buka.
  • Setelah itu tekan Data Penyimpanan.
  • Jika sudah tekan Hapus Data dan pilih opsi Hapus cache

3. Perbarui Aplikasi

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bug sistem aplikasi pada HP Xiaomi adalah dengan memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Cara yangsatu ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada kinerja aplikasi, karena dengan menggunakan aplikasi versi terbaru maka kinerja aplikasi dari aplikasi tersebut akan menjadi semakin maksimal.

Berikut ini adalah cara memperbarui aplikasi pada Xiaomi menggunakan Google Play Store :

  1. Buka Aplikasi Google Play Store.
  2. Setelah itu buka Aplikasi & game saya.
  3. Lalu cari Aplikasi yang bermasalah dan ingin kamu perbarui.
  4. Jika sudah ketemu, maka kamu dapar langsung klik Perbarui.
  5. Akan tetapi jika tidak terdapat tombol Perbarui maka kamu dapat meng Unistall aplikasi tersebut dan kemudian menginstalnya ulang.

Selain menggunaka Google Play Store, kamu juga dapat melakukan cara tersebut menggunakan aplikasi GetApss dengan langkah-langkah yang sama hampir sama dengan langkah-langkah di atas.

4. Menggunakan Aplikasi Versi Lama

Selain menggunakan aplikasi dengan versi terbaru, dalam beberapa kasus kamu juga dapat memperbaiki kesalahan aplikasi tersebut dengan menggunakan aplikasi dengan versi lama.

Hal tersebut terjadi karena biasanya pada aplikasi-aplikasi versi terbaru masih memiliki beberapa bug pembaruan, yang tentunya dapat mengurangi kinerja aplikasi atau bahkan dapat menyebabkan munculnya beberapa kesalahan.

Dalam kondisi seperti itu, maka langkah terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan menunduh dan menginstal aplikasi dengan versi lama yang tentunya lebih stabil.

Ketika kamu ingin mengunduh suatu aplikasi versi lama, maka pastikan sumber yang kamu dapatkan untuk mendapatkan aplikasi tersebut aman dan terpercaya sehingga tidak menambah masalah pada HP kamu yang dapat membuatnya menjadi rusak atau terkena virus.

Tapi sebelum melakukan cara tersebut pastikan terlebih dahulu bahwa masalah yang ada bukan pada kartu SD kamu yang sudah rusak.

Untuk memastikannya, kamu dapat melepas kartu SD dari perangkat Xiaomi kamu terlebih dahulu dan kemudian jalankan kembali aplikasi tersebut.

Jika tetap terjadi error  maka masalahnya ada pada aplikasi itu sendiri akan tetapi jika aplikasi berjalan dengan lancar maka masalahnya ada pada kartu SD kamu yang sudah rusak dan kamu dapat menggantinya.

5. Reset Perangkat ke Data Pabrik

Jika kamu sudah mencoba melakukan beberapa di atas untuk mengatasi bug pada Xiaomi akan tetapi belum membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mereset data pabrik.

Nah, kalau kamu ingin menggunakan cara ini maka hal yang perlu kamu lakukan sebelum melakukannya adalah membackup semua dapat penting yang ada pada perangkat Xiaomi kamu.

Karena apabila cara ini dilaukan maka seluruh data yang ada pada perangkat kamu akan langsung terhapus dan kembali seperti semula ketika kamu membeli HP tersebut.

Jika kamu sudah membackup semua data penting ke perangkat lain, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah mereset data pabrik sebagai berikut :

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Jika sudah, scroll ke bawah dan kemudian pilih Cadangkan & Reset.
  4. Setelah itu pilih Reser data pabrik dan kemudian pilih Reset ponsel.
  5. Setelah itu login dengan Akun Mi kamu dan lanjutkan proses sesuai dengan petunjuk yang diberikan hingga selesai.

Catatan : Cara ini hanya perlu dilakukan apabila masalah yang kamualami pada perangat Xiaomi tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara di atas atau karena memiliki permasalahan yang lebih.

Nah, jadi itu beberapa cara mengatasi bug pada Xiaomi dari cara yang paling mudah ke cara yang lebih sulit. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat memperbaiki bug pada perangakat Xiaomi kamu. Terima Kasih.

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.